0812-8727-145
0812-8727-145
0812-8727-145
d1048e61

Srikaya Jumbo New Varietas

Srikaya Jumbo New Varietas
Rp 50.000
Beli Sekarang

Srikaya Jumbo New Varietas berasal dari Australia. Tanaman dengan ukuran buah yang besar hingga mencapai berat 8 ons per buah ini sangat genjah dan rajin berbuah baik di dataran rendah maupun dataran menengah. Dengan daging buah yang bertekstur lembut, tidak berpasir seperti srikaya lokal, beraroma harum dan memiliki biji yang relatif sangat sedikit adalah merupakan kelebihan jenis srikaya ini. Srikaya New Varietas memiliki daun yang lebih besar jika dibandingkan dengan srikaya lokal. Ukuran tanaman juga lebih besar dan kokoh. Dengan kelebihan yang dimiliki ini, srikaya jumbo layak dijadikan pilihan lain untuk dikebunkan atau dijadikan tanaman koleksi tanaman buah dalam pot (TABULAMPOT).
Srikaya jumbo New Varietas dengan lingkar batang kurang dari 10 cm biasanya bunganya masih banyak yang rontok, bahkan bisa tidak tersisa satupun. Jika lingkar batang sudah lebih dari 10 cm biasanya bunganya lebih jarang yang rontok.
Untuk mencegah kerontokan bunga, jaga media jangan sampai kekurangan air. Tambahkan pupuk NPK yang mengandung unsur P dan K yang tinggi serta unsur mikro yang lengkap, pupuk yang mengandung kalsium tunggal dan kapur pertanian yang mengandung magnesium. Bisa juga ditambahkan pupuk yang mengandung magnesium tunggal.
Agar banyak bunga yang jadi buah, bisa juga dilakukan pengguntingan bunga yang masih kuncup. Putik bunga srikaya jumbo New Varietas lebih cepat matang daripada benangsarinya. Pada saat masih kuncup, putik sudah matang tetapi benangsari pada bunga yang sama belum matang. Gunting setengah dari panjang bunga yang masih kuncup, hati – hati jangan sampai putik dan benang sari rusak. Dengan cara seperti ini, putik yang matang bisa dibuahi oleh benangsari bunga lain yang sudah matang.
Bungkus buah sedini mungkin dengan kertas koran yang diberi ventilasi pada bagian bawahnya, agar buah selamat dan mulus tidak diserang lalat buah dan kutu putih. Selama proses pembesaran buah, berikan pupuk yang mengandung unsur P dan K serta unsur mikro yang tinggi agar buah tidak rontok dan rasa buah lebih manis.

Penyakit / Hama yang Menyerang : Penyakit yang biasa menyerang tanaman ini adalah cabuk putih yang bersarang dibawah daun dan ulat serta belalang yang juga menyerang daun. Untuk penanganan dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida yang ada dipasaran sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Kadang kala kutu putih yang bersarang di bawah daun tidak mati oleh semprotan pestisida yang kita semprotkan, untuk itu dapat dicoba penyemprotan ulang dan jangan lupa tambahkan larutan sabun / detergen yang dicampur dengan pestisida. Larutan detergen / sabun dimaksudkan agar lapisan pelindung (lapisan lilin) pada cabuk putih dapat dihancurkan dan pestisida dapat mengenai cabuk secara langsung sehingga dia akan mati.